news

2017-07-27 17:28:13

Bagaimana Membuat Curriculum Vitae yang Baik?

Selain kesiapan dalam menghadapi dunia kerja, salah satu hal yang penting adalah bagaimana membuat curriculum vitae yang baik.

1. Identitas Diri

Pastikan Anda menuliskan identitas diri dengan benar. Cari tahu apa saja yang perlu ditulis dalam CV maupun yang tidak perlu. Tulislah dengan jelas, seperti nama, alamat, pendidikan maupun status pernikahan.

2. Tambahkan Pernyataan Pribadi

Selain menuliskan identitas diri, buatlah CV Anda semenarik mungkin dengan menambahkan pernyataan pribadi. Fokuslah pada satu hal yang cukup potensial di dalam diri Anda dan nyatakan dalam CV. Hal itu akan membuat nilai plus di mata penyeleksi.

3. Tulislah Kemampuan Anda

Tak lengkap rasanya jika CV Anda tak mencantumkan satu hal mengenai kemampuan Anda. Tonjolkanlan kemampuan atau sisi positif dari Anda yang sekiranya akan membuat Anda dipertimbangkan sebagai karyawan.

4. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga hal yang penting untuk dimasukkan ke dalam CV. Penyeleksi pastinya akan mempertimbangkan riwayat kerja Anda. Pengalaman kerja bisa jadi kelebihan yang dapat Anda unggulkan di samping kemampuan-kemampuan yang Anda punya.

5. Desain CV

Selain isi CV yang jelas, jangan lupa untuk membuat CV dengan desain menarik. Desain menarik bukan berarti harus banyak atribut-atribut di dalamnya. Namun yang terpenting adalah desain tersebut dapat menyampaikan secara jelas tulisan tentang diri Anda.