news

2017-07-25 19:00:57

Tips Wawancara Kerja

Wawancara kerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan meskipun seseorang mungkin telah melakukan wawancara berulang kali. Butuh persiapan matang supaya wawancara berjalan lancar dan memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Maka dari itulah, simak Tips Wawancara Kerja berikut ini:

1. Lakukan Analisa terhadap Pekerjaan yang Dilamar

Tips Wawancara Kerja yang pertama adalah jangan malas untuk melakukan analisa terlebih dahulu terhadap pekerjaan yang akan dilamar. Banyak sekali info yang bisa Anda kumpulkan mulai dari tugas yang dikerjakan, kemampuan, pengetahuan maupun kualitas pribadi untuk pekerjaan tersebut.

Jangan lupa melakukan analisa terhadap perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Informasi mengenai profil perusahaan bisa Anda peroleh dari search engine, website, maupun teman.

2. Buatlah List Kualifikasi dan Cocokkan dengan Kemampuan Anda

Setiap pekerjaan pastilah memiliki kualifikasi serta syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar. Untuk itulah, buatlah list dan cocokkan dengan kemampuan yang Anda punya. Anda akan lebih mudah menjabarkannya saat berhadapan dengan pertanyaan wawancara tentang pekerjaan yang lebih spesifik.

3. Praktek Wawancara

Luangkan waktumu untuk berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara. Anda bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk berlatih bersama. Sebisa mungkin membuat latihan seperti wawancara sesungguhnya. Hal ini penting agar Anda lebih siap dalam menjawab dan membantu Anda mengurangi perasaan gugup saat benar-benar menghadapi wawancara.

Selain menjawab pertanyaan wawancara. Jangan lupa penting pula melatih etika dan bahasa tubuh saat berinterakasi dengan pewawancara. Usahakanlah untuk sopan, menyenangkan dan antusias.

4. Persiapkan Apa yang Harus Dibawa Saat Wawancara

Sangat penting mengetahui apa saja yang harus dibawa saat mendatangi undangan wawancara. Beberapa item yang penting untuk dibawa adalah berkas-berkas lamaran, buku catatan dan alat tulis.

5. Siapkan Pakaian yang Sesuai

Tips Wawancara Kerja yang terakhir adalah jangan sampai menyiapkan pakaian di detik-detik terakhir sebelum berangkat wawancara. Persiapkan jauh-jauh hari atau sebisa mungkin sebelum hari H wawancara. Kesan pertama saat wawancara sangatlah penting. Hal itu bisa dimulai dari pakaian Anda yang rapi dan profesional.